Satu-satunya di Sulsel, Program PEN untuk Kesejahteraan Masyarakat Enrekang

ENREKANG — Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sedang digulirkan pemerintah pusat, diyakini efektif meningkat kesejahteraan masyarakat. Pelbagai program pembangunan dari dana PEN, akan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini disampaikan Kabid Ekonomi Sosbud Bappeda Enrekang, Aris Yasin. Alih-alih jadi beban, pinjaman Rp411,5 miliar itu disebut akan menguntungkan daerah.

“Dana PEN bukan utang konsumtif, tetapi utang produktif. Artinya, pembangunan jalan, jembatan, dan pelbagai sarana pakai PEN akan bermanfaat bagi masyarakat. Pendapatan-pun meningkat,” jelas Aris, Kamis 14 Januari 2021.

PAD yang tinggi membuat pinjaman PEN tidak lagi jadi beban sebab mampu dibayar. Apalagi selama 8 tahun dan tanpa bunga.

“Jadi ini tidak sama dengan berutang beli barang elektronik misalnya, yang nilainya menyusut. Dana PEN salahsatunya untuk infrastruktur. Artinya ada pertambahan nilai. Kemudian, mobilitas barang dan jasa semakin intens, biaya produksi dan distribusi jadi rendah,” urainya.

Sebelumnya, Pemkab Enrekang satu-satunya di Sulsel yang berhasil mendapat dana PEN dari Kementerian Keuangan. Disaat pemda lainnya juga bermohon.

“Mendapatkan dana PEN ini tidak mudah. Harus melalui verifikasi, seleksi ketat serta uji kelayakan,” jelas Aris.

Pemanfaatan dana PEN juga tidak boleh sembarangan. Empat lembaga yakni BPK, Kejaksaan, Polri, dan BPKP RI mengawasi penggunaannya.

Penggunaan dana PEN di Enrekang, diantaranya akan dialokasikan ke sektor infrakstruktur jalan sebanyak 69 ruas senilai Rp264 miliar, jembatan 4 titik sebesar Rp52,5 miliar dan pusat prasarana olahraga 11 titik di 11 kecamatan Rp 40 miliar.

Untuk bidang kesehatan total Rp 40 miliar terdiri dari MOT di RSUD Massenrempulu Rp 10 miliar dan RSP Belajen, Kecamatan Alla’ Rp 30 miliar.

Adapula untuk infrakstruktur pasar senilai Rp 45 miliar di tiga titik yakni Pasar Baraka, Pasar Sudu dan Pasar Sentral Enrekang.

“Semua proyek itu diwajibkan memakai tenaga kerja lokal dan material lokal. Jadi dananya tetap berputar di Enrekang,” tambahnya.
(humas)

R B

Leave a Reply

Your email address will not be published.